Kemajuan Teknologi Layar Handphone Dari Masa Ke Masa


Kemajuan Teknologi Layar Handphone Dari Masa Ke Masa
Author : Anggiet Bracmatya

Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan teknologi begitu besar dan pesat, dari mulai komputer sampai dengan telepon gengam mengalami perkembangan yang luar biasa. Kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai perkembangan teknologi layar pada handphone, Handphone yang merupakan perangkat yang sangat tidak asing lagi bagi kita juga mengalami perkembangan dalam segi performa, software, dan juga tampilan.
Dari mulai layar handphone berteknologikan monochrome hingga teknlogi Oled dan design bezzeless sekarang ini, dalam pembahasan ini kita akan membahas mengenai perkembangan sejarah pada layar handphone hingga inovasinya saat ini dan yang akan mendatang. Dewasa ini banyak sekali inovasi yang ditanamkan pada sebuah handphone layar sentuh, sebuah gadget yang selama ini kita genggam sehari – hari pun berevolusi sejak pertama kali kemunculannya
Teknologi layar sentuh merupakan salah satu perkembangan teknologi yang telah menggantikan perangkat input seperti mouse dan keyboard dan sangat mengubah peradaban teknologi. Layar sentuh itu sendiri merupakan perangkat input komputer yang bekerja dengan cara sentuhan pada layar yang menggunakan kapasitif jari atau pena digital, sehingga pengguna tidak lagi menggunakan perangkat perantara input seperti mouse dan keyboard.
Dan dewasa ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer, sehingga teknologi layar sentuh ini semakin banyak digunakan pada beberapa aplikasi seperti komputer, handphone, tablet, smartphone, dll. Semenjak kemunculan handphone, layar pada handphone pun berubah yang berawal dari hanya sekedar untuk menampilkan hasil input user, dengan dipadukan nya layar sentuh pun layar handphone sekarang sekaligus menjadi media interaksi antara user dan hardware.


Pembahasan
·        Layar Non-Interaktif
Untuk pembahasan perkembangan layar handphone, secara garis besar akan saya bagi dua. Yang pertama adalah untuk layar non-interaktif, layar non-interaktif ini adalah kategori layar yang pertama kali. Yaitu teknologi layar yang cenderung pasif dan tidak memiliki interaksi secara langsung terhadap user atau penggunanya.

Layar Monochrome


Layar jenis monochrome ini sangat jarang atau mungkin sudah tidak lagi digunakan dewasa ini, dikarenakan faktor keterbatasan fitur yang dimilikinya. Layar bertipe monochrome ini hanya menampilkan bentuk atau objek pada layar dengan menampilkan warna hitam, yang dibantu dengan pencahayaan lampu led putih pada backgroundnya.

      Layar  Passive-Matrix Warna

Tipe layar ini jauh  lebih baik dari sebelumnya, STN adalah kependekan dari Super Twisted Nematic dan CSTN Color Super Twisted Nematic. Tipe layar handphone jenis ini sudah memiliki fitur warna, walaupun masih sangat baru pada jamannya, tetapi inilah asal-usul layar smartphone saat ini. CSTN ini adalah tipe layar pembaharuan dari STN, yang diperbaiki dari fitur waktu respons serta ketajaman warna yang lebih baik dari STN.



           Active Matrix Color Display

Perbedaan yang sangat besar antara Active Matrix Color Display dan Passive-Matrix Color Display. Dalam layar matriks pasif, garis kontrol diatur dalam bentukan kolom dan baris. Dalam teknologi layar matriks aktif, transistor ini diberikan bersamaan  dengan setiap piksel per pixel. Teknologi ini digunakan oleh teknologi Layar TFT LCD (Thin Film Transistor), Tipe layar yang satu ini mulai mementingkan kualitas gambar, walaupun memiliki kekurangan membutuhkan daya yang lebih besar keunggulan layar ini adalah kualitas gambar lebih terang, jernih, dan jelas serta respon time  yang lebih cepat.



·        Layar Interaktif
Untuk tipe layar Interaktif adalah tipe layar yang digunakan pada handphone untuk 1 dekade belakangan ini, rata-rata handphone dengan tipe layar interaktif ini merupakan llayar dengan fitur touchscreen yang memungkinkan user beinteraksi langsung pada layar dengan menggunakan sentuhan jari, multi-gesture dan alat pembantu lainnya seperti s-pen atau alat penulisan digital lainnya.
      
      IPS LCD

In Plane Switching LCD. Model layar yang satu ini, selain memiliki kualitas gambar yang sangat baik juga menekankan kesempurnaan pada sudut pandang mata kita saat melihat  layar smartphone. Artinya, layar ini akan sangat jelas dilihat dari sudut pandang mana saja, kiri, kanan, bawah, atas, hingga 180 derajat. Teknologi panel IPS diklaim memiliki tingkat keakuratan yang sangat sempurna, kedalaman warna yang baik. Panel IPS sangat cocok untuk para profesional yang bekerja pada bidang desain grafis, fotografi, indsutri film, kebutuhan medis dan lain-lain.



      OLED

Teknologi Organic Light Emiting Diode yang terkenal dengan tipis (kecil dari 1 mm) dan fleksibelnya. Kelemahannya hanya sulit untuk dilihat apabila Anda berada pada keadaan di bawah sinar yang terang seperti sinar matahari atau cahaya lain, secara langung. Teknologi ini dibuat oleh ilmuwan dari Perusahaan Kodak,  Dr. Ching W. Tang (1979).

          AMOLED
 
Lalu dewasa ini, jenis layar yang banyak digunakan di handphone saat ini, adalah layar berjenis AMOLED atau yang merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Layar ini memfusi teknologi OLED dengan teknologi TFT sehingga terciptalah layar berteknologi AMOLED ini. Layar ini menampilkan gambar yang lebih tajam, lebih jelas dan lebih detail dibandingkan jenis layar sebelumnya, layar AMOLED ini juga sangat mahal untuk diproduksi dan saat ini hanya Samsung yang dapat memproduksi layar dengan teknologi ini, dikarenakan hak paten yang mereka miliki atas teknologi AMOLED tersebut.




·         INOVASI PADA BIDANG LAYAR HANDPHONE MASA KINI
Sedangkan untuk saat ini layar handphone mempunyai teknologi dan design yang sangat mutakhir, saat ini layar handphone paling mutakhir adalah SUPER AMOLED yang merupakan versi pembaruan dari layar teknologi AMOLED yang didevelop oleh samsung, layar ini memiliki kontras dan ketajaman yang sangat akurat bagi mata manusia, dan mengkonsumsi daya yang sangat rendah teknologi ini dikombinasikan oleh design layar INFINITE DISPLAY atau tren bezzeless. Design ini dimaksudkan agar user memiliki pengalam baru dalam menggunakan smartphone dengan memiliki layar yang sangat lebar dan besar namun tetap memiliki dimensi handphone atau body to aspect ratio yang standar.

Kesimpulan
Dalam kurun waktu 2 dekade terakhir sungguh sangat mengejutkan bila kita melihat teknologi pada layar smartphone saat ini. Dimulai dari hanya sebatas fitur sederhana layar hitam putih hingga layar lebar dan jutaan warna dengan segudang fiturnya, sungguh bila kita membahas kemajuan teknologi ini tidak akan ada habisnya, pada saat tulisan ini ditulis Google sedang mengembangkan teknologi sensor tekanan pada layar handphone yang akan digunakan pada flagship smartphone teranyar mereka yaitu Google Pixel 2, teknologi ini mampu mendeteksi seberapa kuat tekanan genggaman tangan user pada handphone untuk shortcut beberapa fitur pada handphone tersebut.
Dan saya yakin dalam hitungan tahun yang akan datang, teknologi pada layar handphone ini akan jauh lebih pesat, maju dan memiliki inovasi yang sangat hebat sehingga sangat susah dan tidak mudah diprediksi oleh akal khalayak awam.

Daftar Pustaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Animasi Sederhana

Om Butuh Cinta Movie Script